Minggu, 01 Juni 2014

Bones

Akhir-akhir ini, untuk ngilangin rasa bosen karena udah lama ngga sekolah, gue jadi lebih sering nonton tv. Dan ketemu salah satu serial TV gitu. Bones. 

Serial Bones ini menceritakan tentang kasus-kasus criminal yang melibatkan tengkorak dan tulang manusia sebagai objeknya, atau bahkan pemeran utamanya. Tanpa adanya jasad manusia yang sudah tinggal tulang, sebagai ‘tokoh’ utamanya, maka si pemeran utama lainnya Dr. Temperance Brennan (Emily Deschanel) dan Agent FBI Seeley Booth (David Boreanaz) gak akan dipanggil untuk menyelesaikan kasus ini.
Dr. Brennan ini merupakan seorang Forensic Anthropologist di Institut Jeffersonian Washington D.C. Selain itu dia juga penulis novel best seller bertema criminal. Dengan keahliannya, dia bertugas sebagai profiler jasad manusia yang sudah tidak bisa diidentifikasi melainkan hanya dari tengkoraknya dan kerangka tulang lainnya. Jasad yang ditemukan biasanya selalu tidak terduga seperti di atas pohon, di dalam tembok, di tengah sungai di dalam peti, atau bahkan di dalam kulkas!
Menarik sekali bahwa dirinya dari kejauhan, hanya memandang tengkorak atau kerangka manusia dia dapat mendeskripsikan korbannya, walau masih secara umum seperti jenis kelamin, usia, ras, dsb. Proses selanjutnya kerangka manusia tersebut dibawa ke laboratorium Jeffersonian untuk dianalisa lebih lanjut untuk mengetahui identitas korban dan meninggal dengan cara apa. Jika dibunuh, dengan cara apa, pakai senjata apa, semua dianalisa berdasarkan kerangka yang tersisa.
Pemeran utama lainnya, Seeley Booth, adalah seorang agen FBI, dan setiap mendapat kasus, selalu saja berhubungan dengan tengkorak atau jasad manusia yang tinggal kerangka. Oleh karena itu dirinya selalu membutuhkan Brennan, dan dirinya berperan sebagai FBI yang membawa surat penangkapan dan menangkap penjahatnya. :D
Dr. Brennan tidak sendirian bekerja di dalam lab canggihnya. Dia punya satu team yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Dr. Camille 'Cam' Saroyan (Tamara Taylor) sebagai pimpinan Lab Jeffersonian, adalah seorang coroner, yang bertugas untukmelakukan pemeriksaan forensik. Asisten Dr. Brennan, yang jago banget urusan tulang dan karakternya agak nerdy, namanya Zack Addy (Eric Millegan). Masih muda, tapi pinter banget!. Ada lagi Jack Hodgins (T.J Thyne), ahli urusan serangga dan teman-temannya. Tugas dia adalah meneliti serangga atau makhluk hidup apa aja yang ada pada jasad, menaksir umur serangga tersebut sehingga waktu kematian bisa diprediksikan. Keren yak! He’s really good at insects, spores and minerals :D. Selain itu dia juga meneliti residu apa aja yang ada di jasad, untuk cari tahu seperti apa senjata pembunuhnya atau dimana korban dibunuh.
Dan yang gak kalah pentingnya, mencari tahu bagaimana wajah asli dari korban. Sudah dijelaskan, jasad yang ditemukan berupa tengkorak yang sudah tidak bisa diidentifikasi. Jadi Miss Angela Montenegro (Michaela Conlin) nan cantik dan modis ini ceritanya adalah jagonya computer graphis. Jago bikin sketsa dari tengkorak yang ada, jadi memprediksikan bagaimana wajah korban aslinya. Gilak, itu kan susah banget! Selain itu, dengan bantuan program di komputernya, dia melakukan sensor pada titik tertentu tiap tengkorak, lalu mengolahnya di computer,dan voila! Wajah asli sang korban pun terpampang dengan bentuk 3 dimensi. Berdasarkan analisa teman-temannya, dia juga bisa merekontruksi kejadian tentu saja dengan keahlian komputernya itu dengan tampilan tiga dimensi.
Walaupun bertema criminal, tapi film ini gak terkesan terlalu serius seperti CSI misalnya. Karakter Dr. Brennan di sini adalah seorang yang sangat brilian namun agak sosiophat, dia agak sulit untuk bersosialisai secara wajar dengan orang-orang sekitarnya. Maaf kalau definisinya gak pas. Brennan itu kaku, gak luwes, suka salah ngomong atau salah respon terhadap kejadian yang menimpa orang-orang. Satu-satunya keahlian dia adalah berurusan dengan orang mati. Ilmuwan yang sepertinya tidak percaya bahwa Tuhan itu ada, agak ekstrim memang. Tapi di Amerika sana sepertinya banyak yang begitu bukan? :D

Sedangkan rekannya, Seeley Booth, merupakan kebalikan dari Brennan. Orang yang luwes dalam bergaul, tahu bagaimana bersosialisasi dengan orang-orang. Penganut agama yang taat, serta sayang sekali dengan keluarga. That makes them so perfect! Yang menarik dari serial ini adalah chemistry antara Brennan dan Booth, yang walaupun mereka sangat berbeda, justru di situlah mereka saling melengkapi.
Gue suka nontonnya karena ceritanya tuh ngga ngebosenin, kadang bikin kaget, bikin penasaran, geregetan, apalagi kalo tiba-tiba iklan. Buat lo yang pake tv kabel, wajib banget deh nyalain channel FOX, tonton serial tv ini. Suka ngga tentu sih jadwalnya, tapi biasanya gue nonton kalo ngga siang, ya malem sekitar jam 8an gitu.

Jangan sampe ketinggalan! Nih gue kasih foto-foto pemainnya. Udah gede-gede sih, jadi kalo dibandingin sama Justin ya tetep gantengan Justin wkwk=)))

Emily Deschanel (Dr. Temperance 'Bones' Brennan)

David Boreanaz (Seeley Booth)

Michaela Conlin (Angela Montenegro)

T.J. Thyne (Jack Hodgins)

John Francis Daley (Dr. Lance Sweets)

Tamara Taylor (Dr. Camille 'Cam' Saroyan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar